Sabtu, 16 Juli 2011

Hewan Asli Indonesia

Hewan Asli Indonesia

Berikut adalah beberapa hewan yang habitatnya ada di Indoneisa bahkan bisa dikatakan hewan asli Indonesia, Negara kita ternyata memiliki beragam satwa liar yang keberadaannya dinyatakan hampir lunah, dikarenakan beberapa penyebab, diantaranya pembabatan hutan, perburuan liar, dan lain sebagainya. Di postingan kali ini beberapa hewan tersebut kami sebutkan dibawah ini.

Singapuar (Tarsius bancanus).

Hewan ini adalah hewan istimewa karna Hewan ini adalah primata terkecil di dunia. Panjang tubuhnya 12-1S cm, dengan berat 80-140 gram. Hewan ini memlliki mata besar, bahkan lebih besar daripada otakku sendiri. Matanya ini dapat melihat dengan tajam pada malam hari sebaliknya hampir tidak bisa melihat pada siang hari. Matanya tidak bisa melriik. Untungnya kepalanya bisa memutar hingga 180 derajat Hewan ini tetap bisa melihat sekeliling.

Wajah dan kelakuannya mirip dengan burung hantu. Pada malam hari Hewan ini sibuk mencari makanan, sedangkan pada siang harinya Hewan ini tidur lelap. Makanan utamanya serangga. Hewan ini lebih sering bermain di atas pohon dan melompat dari satu pohon ke pohon yang lain. Lompatannya bisa mencapai 3 meter. Ketika sedang di permukaan tanah pun, Hewan ini Mampu melompat layaknya diatas pohon. Hewan ini biasa menandai wilayahnya dengan air urinnya.

Hewan ini sebenarnya ada empat jenis,yaitu Tarius bancanus bancanus, T. bancanus saltator, T. boncanus natunensis, T.bancanus Borneanus. Jenis yang petama menyebar di Sumatera bagian Selatan dan Tenggara (di antaranya Jambi, Bengkulu, P. Bangka, dan Lampung). yang kedua endemik P. Belitung. Di daerah ini, hewan ini dinamai ” mantilin ” dan dijadikan ratwa identitas Provinsi Bangka Belitung. Jenis yang Ketiga endemik Kep. Natuna (Kep. Riau). Sementara jenis yang keempat tersebar juga di Kalimantan.

Tangkasi/Singapuar Sulawesi (Tarsius spectrum).

Hewan inilah satwa identitas Sulawesi Utara. Ukuran tubuhnya lebih kecil dari T. boncanus. Panjang tubuhnya hanya 10 cm dengan ekor sepanjang 20 cm. Bobot tubuhnya hanya 100-120 gram. Tubuh bagian belakangnya ditutupi bulu berwarna cokelat keabua-abuan, sedangkan bulu di leher berwarna kekuningan. Hewan ini suka makan aneka serangga, reptil kecil ( kadal dan ular ), bahkan aku Makan burung atau kalong kecil. Penyebarannya hanya di Sulawesi, di antaranya di Kep. Banggai (Sulawesi Tengah),Cagar Alam Lembusango dan Kekenauwe (Sulawesi Tenggara), dan Kep. Sangihe ( Sulawesi Utara ).

Owa Jawa (Hylobates molloch).

Hewan ini sejenis owa atau siamang yang hanya ada Jawa, meliputi daerah Jawa Barat dan Jawa Tengah. Seluruh tubuhnya diselimuti bulu berwarna abu-abu keperakan, kecuali wajahnya. Kulit wajahnya berwarna abu-abu dan dilingkari oleh bola berwarna putih. Hewan ini tidak memiliki ekor. Hewan ini memiliki kedua tangan yang panjang untuk bergelantungan diatas pohon. Hewan ini mempunyai insting untuk mengobati diri sendiri lewat makanan yang dimakannya dari hutan. Karna itu, keberadaannya sangat bergantung pada hutan.

Rusa Sambar, (Cervus unicolor).

Hewan ini dikenal dengan nama “Rusa sumatera”, “Rusa kalimantan” atau Rusa air. Di Indonesia, Hewan ini memang menyebar di Sumatra, Kalimantan, di antaranya ditemukan dihutan-hutan Sumatera Utara, Jambi, Bengkulu, Lampung, Kalimantan Timur Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. Populasinya semakin menurun akibat perburuan liar. Panjang tubuhnya rata-rata 175 cm. Namun, rusa jantan dewasa bisa mencapai 2 meter dengan bobot 260 kg. Karena itu, hewan ini tergolong rusa terbesar di antara rusa lain yang ada di Asia Tenggara. Hewan ini lebih aktif mencari makan pada malam hari. Hewan ini suka
makan rerumputan dan pucuk tanaman.

Pustaka
Mengenal Hewan & Tumbuhan Asli Indonesia Oleh M.B. Kurniawan

Foto / Gambar
papahende
hulondhalo
alamendah.wordpress.

Kata Kunci: (Cervus unicolor), habitat, hewan, indoneisa, Owa Jawa (Hylobates molloch), Rusa Sambar, satwa liar, Singapuar (Tarsius bancanus), Tangkasi/Singapuar Sulawesi (Tarsius spectrum) binatang asal indonesia, rusakalimantan, mengenal poto hewan yg ada di indonesia, kata lain dari hewan yang aktif malam hari, jenis hewan beserta identitas, jenis hewan asal asia, Hewan yang tidak bisa melihat, hewan yang tidak aktif mencari makanan, hewan aktif dipermukaan tanah, hewan aktif di permukaan tanah, daftar binatang asli indonesia, contoh hewan primata terkecil, Binatang yang suka makan, binatang suka orisinil, binatang asli indonesia, satwa asli indonesia

1 Komentar:

OpenID karyadrh.blogspot.com mengatakan...

bagus.... agar kita menyadari karunia illahi..

30 September 2013 22.36

 

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

<< Beranda