Sabtu, 16 Juli 2011

Burung-Burung Asli Indonesia

Burung – Burung Asli Indonesia
.


Beberapa jenis burung yang kami lampirkan dibawah ini, merupakan burung yang habitatnya Asli berasal dari negara indonesia, beberapa diantaranya sudah dimasukkan kedalam satwa yang dilindungi, dikarenakan jenisnya sudah hampir punah, karnanya jika kita telah mengenal jenis burung tersebut, sepaputnyalah kita tetap menjaga kelangsungan hidupnya, agar tetap lestari dan dapat dinikmati generasi mendatang.

Beo Nias (Gracula religiosa robusta).

Hewan ini si burung beo yang pandai menirukan suara manusia. Karena kepandaiannyalah, Hewan ini menjadi primadona. Hewan ini hanya ada Pulau Nias dan kini Hewan ini menjadi fauna identitas Provinsi Sumatera Utara. Hewan ini suka makan nektar bunga dan buah-buahan yang kulitnya lunak. Hewan ini juga suka makan jangkrik, belalang, dan telur semut untuk memenuhi kebutuhan proteinnya.

Bonkaka (Halcyon melanorhyncha).

Hewan ini dikenal dengan nama ” Pekaka bau-bau ” Panjang tubuhnya antara 35 cm hingga 37 cm. Hewan ini ini pemalu dan akan menghindar jika ada manusia. Namun, Hewan ini mempunyai suara yang ribut. Ketika mencari makanan, Hewan ini suka hinggap di cabang pohon yang dekat dengan permukaan air. Jika mangsanya si ikan kecil sudah terlihat, Hewan ini segera meluncur untuk menangkapnya. Hewan ini di antaranya terdapat di Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dari Maluku. Hewan ini hidup di hutan bakau, semak pantai pesisir, perkebunan, tepi sungai, rawa.

Bubut Jawa (Centropus nigrorufus).

Hewan ini endemik lawa, di antaranya, ditemukan Suaka Marga Satwa Muara Angke (Jakarta), daerah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan T.N.Baluran (Jawa Timur). Keberadaannya di alam kini sudah sangat langka. Hewan ini hidup di dataran rendah, yakni di dekat pantai, hutan bakau, dan sekitar sungai. Panjang tubuhnya sekitar 46cm. Hewan ini makan ulat, serangga, dan laba-laba. Hewan ini juga punya kebiasaan berjemur pada pagi hari.

Burung Matahari (Crocias albonotatus).

Hewan ini memiliki tubuh sepanjang 20 cm. Kini. keberadaannya sangat langka, bahkan pemerintah menggolongkan Hewan ini sebagai hewan hampir punah. Hewan ini tinggal di pucuk pohon yang ada di pegunungan tinggi. Hewan ini menyebar di Gunung Gede-Pangrango hingga Gunung Cimahi jawa Barat.

Cabai Gesit (Dicaeum agile).

” Psioow…! psioow…! ” Begitulah bunyi, suaranya. Hewan ini juga pandai menggerakkan ekornya ke kiri dan ke kanan saat bertengger. Ukuran tubuh kecil, hanya sekitar 9 cm. Karena itulah, Hewan ini dijuluki ” Si Cabai Gesit ” Hewan ini hidup dihutan dataran rendah dan hutan rawa. Hewan ini suka bergerombol dipohon tinggi. Hewan ini tersebar luas diAsia. Di Indonesia, hewan ini dapat ditemukan diderah Bangka Belitung, Bali, NTB, dan NTB.

Cangak Abu (Arden cinerea).

Hewan ini merupakan salah satu jenis burung, kuntul-kuntulan. Hewan ini mempunyai leher yang cukup panjang. Panjang tubuhnya dari paruh hingga ujung ekor bisa mencapai 100 cm. Umumnya warna bulunya abu-abu pucat. Aku hidup di sekitar perairan dangkal, seperti di dekat sungai, danau pantai, dan hutan bakau. Aku makan ikan, kadal, dan ular air. Penyebaranku dari Afrika, Eropa, sampai Asia. Di Indonesia, aku di antaranya terdapat di Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Jawa, dan Bali.

Pustaka
Mengenal Hewan & Tumbuhan Asli Indonesia Oleh M.B. Kurniawan

Foto/Gambar
pusakajendeladunia5
orientalbirdimages
pecuk.wordpress
birdforum
ibc.lynxeds
otolibra

Kata Kunci: Burung Asli Indonesia, jenis burung, satwa yang dilindungi burung satwa, Binatang apa yg suka ribut, jenis burung ada di ntb, jenis burung beo, Jenis jenis burung asli indonesia, Jenis-jenis burung di gunung gede, jenis-jenis photo burung yang ada di indonesia, kebiasaan makhluk hidup Sulawesi Utara, macam burung di gunung gede pangrango, macam macam burung yang ada di indonesia, mengenal poto hewan yg ada di indonesia, species burung di jawabarat, jangkrik untuk beo, Gambar jenis jenis burung rawa, burung asli Indonesia, burung-burung ASLI INDONESIA, burung2 asli sulawesi, foto burung yang dilindungi negara, gambar binatang suka di tepi sungai, gambar burung beo nias

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda